RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. :
SMA Negeri
Kalisat.
Program :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/ Semester : XI / 1
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis perjalanan bangsa
Indonesia dari
negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga
terbentuknya Negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan \
Indonesia.
terbentuknya Negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan \
Indonesia.
Kompetensi Dasar :
1.2 Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah
penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris,
sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris,
sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
Indikator :
- Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia
- Mendeskripsikan kembalinya pemerintahan Kolonial Belanda
di Indonesia
di Indonesia
- Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan kekuasaan bangsa
Inggris di Indonesia
2.
Mendeskripsikan kembalinya pemerintahan
Kolonial Belanda di Indonesia
3.
Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Jepang
di Indonesia
B. Nilai Karakter
Bangsa
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.
C. Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif
Percaya diri (keteguhan hati,
optimis). Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/ tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).
D. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah Bervariasi
2. Tanya Jawab
3. Diskusi Kelompok
4. Penugasan
E. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Membandingkan perkembangan
masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia
Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
|
· Mendeskripsikan kekuasaan
bangsa Inggris, kembalinya pemerintah Kolonial Belanda, dan kekuasaan bangsa
Jepang di Indonesia melalui melalui studi pustaka dan
diskusi.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan
kekuasaan bangsa Inggris,
kembalinya pemerintah Kolonial Belanda, dan kekuasaan bangsa Jepang di
Indonesia.
|
F. Alat/Bahan Dan Sumber
1.
Gambar
2.
Alat/ Bahan, Laptop dan LCD monitor.
3.
Sumber belajar, buku sejarah indonesia
kelas XI, serta buku-buku yang relevan.
G. Langkah - Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pembuka
|
·
Guru memberi salam,
·
Guru meminta ketua kelas untuk
memimpin doa,
·
Guru mempersiapkan kelas
lebih kondusif dan siap belajar,
·
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran.
·
Menggali pemahaman awal siswa tentang
tokoh-tokoh pada masa penjajahan, seperti Daendels, Van Den Bosch, Van De
Venter, dan Raffles.
|
10 menit
|
Inti
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Bersama siswa membahas kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi
internet, dan
diskusi.
2. Bersama siswa membahas kembalinya pemerintah Kolonial Belanda di
Indonesia melalui studi
pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi.
3. Bersama
siswa membahas kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi.
4. Membentuk diskusi kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 8-10
orang berdasarkan deretan bangku.
5. Masing-masing kelompok menunjuk salah satu siswa sebagai perwakilan
untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelompok lain secara
bergantian, mulai dari kelompok satu sampai kelompok 4.
6. Seluruh siswa wajib mendengarkan dan mencatat hal-hal penting tentang
materi yang sudah dijelaskan kelompok lain. Pada akhir presentasi, kelompok
lain dapat mengemukakan gagasannya dalam bentuk pertanyaan, tambahan, maupun
sanggahan, sehingga seluruh siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan
diskusi.
7. Waktu untuk presentasi adalah 30 menit, sedangkan untuk membahas
bersama siswa tentang kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia adalah 40 menit.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
Berdiskusi sesuai dengan anggota kelompoknya:
1. Kelompok I bertugas mendiskusikan Kehidupan
masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Daendels
2. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa
pemerintahan Van Den Bosch
3. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa
pemerintahan Van De Venter
4. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa
pemerintahan Thomas Stamford Raffles
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
1. Menyimpulkan tentang
hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: menghargai prestasi,
bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial,
tanggung jawab.);
2. Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air,)
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Siswa melaksanakan refleksi
tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah
belajar tentang topik Perkembangan
Islam di Indonesia
·
Guru melakukan evaluasi untuk
mengukur keterampilan tujuan pembelajaran
1. Bagaimana kekuasaan
bangsa Inggris di Indonesia?
2. Bagaimana kembalinya
pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia?
3. Bagaimana
kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia?
· Guru meminta salah satu siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran.
· Guru memberikan tugas remidi dalam bentuk PR kepada
siswa untuk memperbaiki jawaban ulangan materi BAB 1 pada tanggal 30
September, dan dikumpulkan tanggal 14 Oktober 2015.
· Siswa menutup pelajaran dengan menyanyikan lagu wajib
dan berdo’a.
|
10 menit
|
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Penilaian untuk kegiatan
Diskusi Kelompok
No
|
Nama
|
Mengkomunikasikn
(1-4)
|
Mendengarkan
(1-4)
|
Berargumentasi
(1-4)
|
Berkontribusi
(1-4)
|
Jumlah skor
|
1.
|
Kelompok 1
|
|||||
2.
|
Kelompok 2
|
|||||
3.
|
Kelompok 3
|
|||||
4.
|
Kelompok 4
|
Nilai= jumlah skor
dibagi 4
Keterangan:
a.
Keterampilan mengkomunikasikan
adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan
dengan bahasa lisan yang efektif.
b.
Keterampilan mendengarkan
dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong, atau
menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
c.
Kemampuan berargumentasi
menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada
pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasan.
d.
Kemampuan berkontribusi
dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung
atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan
pendapat.
e.
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
2.
Penilaian Presentasi
No
|
Nama
|
Menjelaskan
(1-4)
|
Memvisualkan
(1-4)
|
Merespon
(1-4)
|
Jumlah skor
|
1.
|
Kelompok 1
|
||||
2.
|
Kelompok 2
|
||||
3.
|
Kelompok 3
|
||||
4.
|
Kelompok 4
|
Nilai= jumlah skor dibagi
3
Keterangan:
a.
Keterampilan mejelaskan adalah
kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b.
Keterampilan memvisualisasikan
berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas informasi seunik
mungkin, semenarik mungkin atau sekreatif mungkin.
c.
Keterampilan merespon adalah
kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan
dari pihak lain secara empatik.
d.
Skor terentang antara 1-4
e. Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Jember, 28 Oktober
2015
Guru Matapelajaran
Intan Permatasari
NIP. 120210302010
Tidak ada komentar:
Posting Komentar