Senin, 19 Oktober 2015

CONTOH RPP MENGGUNAKAN KTSP 2006



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                              : SMA Negeri Kalisat.
Program                                 : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Mata Pelajaran                       : Sejarah
Kelas/ Semester                     : XI / 1
Alokasi waktu                       : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi              : 1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari
                                                 negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga
                                                 terbentuknya Negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan \
                                                 Indonesia.
Kompetensi Dasar                 : 1.2 Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah
                                                 penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris,
                                                 sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
Indikator                                : - Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia
                                                 - Mendeskripsikan kembalinya pemerintahan Kolonial Belanda
                                                    di  Indonesia
                                                 - Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
1.      Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia
2.      Mendeskripsikan kembalinya pemerintahan Kolonial Belanda di Indonesia
3.      Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia

B. Nilai Karakter Bangsa 
            Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. 

C. Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif    
Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/ tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin), Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan).

D. Metode Pembelajaran
1.      Ceramah Bervariasi
2.      Tanya Jawab
3.      Diskusi Kelompok
4.      Penugasan

E. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia di bawah penjajahan: dari masa VOC, Pemerintahan Hindia Belanda, Inggris, sampai Pemerintahan Pendudukan Jepang.
· Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Inggris, kembalinya pemerintah Kolonial Belanda, dan kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia melalui melalui studi pustaka dan diskusi.
·   Siswa dapat Mendeskripsikan kekuasaan bangsa Inggris, kembalinya pemerintah Kolonial Belanda, dan kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia.

F. Alat/Bahan Dan Sumber
1.      Gambar
2.      Alat/ Bahan, Laptop dan  LCD monitor.
3.      Sumber belajar, buku sejarah indonesia kelas XI, serta buku-buku yang relevan.

G. Langkah - Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pembuka
·   Guru memberi salam,
·   Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa,
·   Guru mempersiapkan kelas lebih kondusif dan siap belajar,
·   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
·   Menggali pemahaman awal siswa tentang tokoh-tokoh pada masa penjajahan, seperti Daendels, Van Den Bosch, Van De Venter, dan Raffles.
10 menit
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. Bersama siswa membahas kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi.
2. Bersama siswa membahas kembalinya pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi.
3. Bersama siswa membahas kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia melalui studi pustaka, eksplorasi internet, dan diskusi.
4. Membentuk diskusi kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 8-10 orang berdasarkan deretan bangku.
5. Masing-masing kelompok menunjuk salah satu siswa sebagai perwakilan untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelompok lain secara bergantian, mulai dari kelompok satu sampai kelompok 4.
6. Seluruh siswa wajib mendengarkan dan mencatat hal-hal penting tentang materi yang sudah dijelaskan kelompok lain. Pada akhir presentasi, kelompok lain dapat mengemukakan gagasannya dalam bentuk pertanyaan, tambahan, maupun sanggahan, sehingga seluruh siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi.
7. Waktu untuk presentasi adalah 30 menit, sedangkan untuk membahas bersama siswa tentang kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia adalah 40 menit.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, siswa:
Berdiskusi sesuai dengan anggota kelompoknya:
1. Kelompok I bertugas mendiskusikan Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Daendels
2. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Van Den Bosch
3. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Van De Venter
4. Kehidupan masyarakat Indonesia pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
1.  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);
2.  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,)
70 menit
Penutup
·    Siswa melaksanakan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran dan pelajaran apa yang diperoleh setelah belajar tentang topik Perkembangan Islam di Indonesia
·    Guru melakukan evaluasi untuk mengukur keterampilan tujuan pembelajaran
1. Bagaimana kekuasaan bangsa Inggris di Indonesia?
2. Bagaimana kembalinya pemerintah Kolonial Belanda di Indonesia?
3. Bagaimana kekuasaan bangsa Jepang di Indonesia?
·   Guru meminta salah satu siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran.
·   Guru memberikan tugas remidi dalam bentuk PR kepada siswa untuk memperbaiki jawaban ulangan materi BAB 1 pada tanggal 30 September, dan dikumpulkan tanggal 14 Oktober 2015.
·   Siswa menutup pelajaran dengan menyanyikan lagu wajib dan berdo’a.
10 menit



H. Penilaian Hasil Belajar
1.    Penilaian untuk kegiatan Diskusi Kelompok
No
Nama
Mengkomunikasikn
(1-4)
Mendengarkan
(1-4)
Berargumentasi
(1-4)
Berkontribusi
(1-4)
Jumlah skor
1.
Kelompok 1





2.
Kelompok 2





3.
Kelompok 3





4.
Kelompok 4





Nilai= jumlah skor dibagi 4
Keterangan:
a.       Keterampilan mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan ide atau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif.
b.      Keterampilan mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong, atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan gagasannya.
c.       Kemampuan berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasan.
d.      Kemampuan berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan-gagasan yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk di dalamnya menghargai perbedaan pendapat.
e.       Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

2.    Penilaian Presentasi
No
Nama
Menjelaskan
(1-4)
Memvisualkan
(1-4)
Merespon
(1-4)
Jumlah skor
1.
Kelompok 1




2.
Kelompok 2




3.
Kelompok 3




4.
Kelompok 4




Nilai= jumlah skor dibagi 3
Keterangan:
a.       Keterampilan mejelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara meyakinkan.
b.      Keterampilan memvisualisasikan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas informasi seunik mungkin, semenarik mungkin atau sekreatif mungkin.
c.       Keterampilan merespon adalah kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan, bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d.      Skor terentang antara 1-4
e.       Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1






Jember, 28 Oktober 2015
Guru Matapelajaran



Intan Permatasari
NIP. 120210302010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar